Perjalanan Hidup

Perjalanan Hidup
rame - rame

Jumat, 18 Januari 2013

School Culture ( Budaya Sekolah )



Budaya sekolah mencakup muatan yang luas, meliputi : akademik, non akademik, kerohanian, kesenian, dan kemasyarakatan. Menjadi tugas dan komitmen guru dan siswa untuk menggali dan menyuburkan budaya sekolah agar tetap eksis dan mencapai kesempurnaan. Karena budaya tersebut di atas yang tertanam di hati para siswa, hampir bisa dikatakan seratus persen sekolah kami jauh dari narkoba, merokok, minuman keras, dan tawuran antar pelajar.
Selain itu, budaya sekolah yang harus diciptakan adalah budaya unggul dan mampu bersaing di dunia global. Memiliki daya juang yang tinggi, dan tak mengenal putus asa. Melestarikan budaya lokal dengan tetap mengikuti trend budaya global yang berkembang, misalnya gamelan, dan tarian tradisional perlu dilestarikan sebagai warisan budaya bangsa, tetapi tidak kita pungkiri pula band dan modern dance tetap diperbolehkan sebagai budaya global yang disukai oleh kaum remaja saat ini.
Karena itu, nuansa religius dengan tadarus dan kebaktian sebelum pembelajaran dilaksanakan harus dijadikan aktivitas rutin di hari Senin dan jumat misalnya. Membudayakan salam dan saling menegur dengan bahasa yang ramah menjadi fenomena yang biasa. Budaya kerjasama, baik orang tua, guru, dan siswa harus terus sinergi dan memiliki tanggung jawab untuk memajukan sekolah. Saling hormat menghormati, dan mampu menilai kelemahan diri serta memunculkan sifat keteladanan harus dapat tertanam dalam diri siswa, guru, dan orang tua siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar