Perjalanan Hidup

Perjalanan Hidup
rame - rame

Sabtu, 19 Januari 2013

Pendidikan Karakter



DILEMA MORAL
Dilema adalah kondisi dimana kita dihadapkan pada dua pilihan atau lebih. Sedangkan  Istilah moral berasal dari kata Latin “mos” (Moris), yang berarti adat istiadat, kebiasaan, peraturan/nilai-nilai atau tata cara kehidupan. Jadi dilema moral adalah suatu keadaan yang dihadapkan pada dua pilihan atau lebih tentang kebiasaan dan nilai – nilai mengenai tata cara kehidupan berupa benar dan salah, dapat dilakukan dan tidak dapat dilakukan. Contoh dlema moral yang kita temui seperti bersikap jujur. Jujur adalah sebuah keharusan. Namun terkadang dengan sikap jujur inilah kita bisa melukai orang lain. Persoalan ini selalu mendera dalam benak kita yang kadang berfikir “Jujur salah dan Gak Jujur Lebih salah lagi”.
Nah, Bagaimana  jikalau kejujuran yang kita lakukan justru mendatangkan ketidakbaikan bagi kita?  Akankah kita terus berpihak pada kejujuran? Pertanyaan ini mengarah pada suatu dilema moral.
Untuk menghadapi dilema seperti itulah maka yag harus dilakukan adalah Ikuti hati nurani.  Karena hati nurani pasti akan menuntun pada jalan yang benar.  Hati nuranilah yang harus dijadikan landasan untuk mengahiri suatu kasus dilema moral seperti diatas .  Kalau nurani mengatakan kita harus juur.  Maka bersikaplah jujur.  Kalu hati nurani mengatakan kita harus baik hati, maka berbaik hatilah.
Hati nurani akan menuntun kita melakoni dilema moral yang selalu datang di depan hidup kita.  Tak akan pernah ada setitik hidup kita pun yang tak mengandung dilema moral.  Selagi nurani kita ada, maka dunia akan dapat kita lakoni dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar