RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : SD Negeri Raga Tunjug
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / I
Materi Pokok : Pengukuran
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit ( 1 x pertemuan )
Hari dan Tanggal Pelaksanaan : Sabtu, 29 Desember 2012
A. Standar
Kompetensi
1.
Menggunakan pengukuran
sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi
Dasar
1.1
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan satuan berat.
C. Indikator
1.1.1
Menyebutkan macam-macam
satuan berat
1.1.2
Menghitung satuan berat
1.1.3
Meneladani isi
kandungan surat az-Zariyat : 19
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menyebutkan
macam-macam stuan berat
2.
Siswa dapat menghitung
satuan berat
3.
Siswa dapat meneladani
isi kandungan surat az- zariyat : 19
E. Nilai-nilai
iman dan taqwa
Pandai
berbuat adil, bijaksana dan bersyukur
F. Materi
Esensial
1.
Pengertian satuan berat
2.
Macam-macam satuan
berat
3.
Isi kandungan surat az
zariyat ayat 19
G. Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Penugasan
H. Langkah-
langkah kegiatan pembelajaran
a.
Kegiatan awal
-
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan inti
1 .Knowing
- Guru menjelaskan tentang satuan berat
2. Doing
- Guru menuliskan satuan berat di papan tulis
- Guru meminta siswa untuk menghitung satuan
berat
- Guru menjelaskan isi kandungan surat az
zariyat ayat 19
3.
Being
- Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
satuan berat
- Guru melakukan permainan yang berkaitan
dengan satuan berat
c.
Kegiatan Penutup
- Guru bersama siswa mengucapkan hamdalah
setelah selesai pembelajaran
I. Alat Pembelajaran dan
Sumber Belajar
1. alat pembelajaran
- papan tulis
- spidol
2. sumber belajar
- buku matematika kelas IV SD
J. Penilaian
1. Bentuk Penilaian :
Uraian
2. Tekhnik Penilaian : Tes
Tertulis
3. Instrumen soal :
1. jelaskan definisi satuuan berat dan tulis
kembali satuan beratnya!
2. 2
kg =…………………..cg
3. 100 g =…………………..dag
4. Bagaimana cara meneladani isi kandungan surat az zariyat ayat 19!!
Mengetahui, Paguyangan,
29 Desember 2012
Kepala
Sekolah Guru
Kelas IV
Tidak ada komentar:
Posting Komentar