Perjalanan Hidup

Perjalanan Hidup
rame - rame

Rabu, 04 Januari 2012

Desain Pembelajaran Bhs Indonesia kelas IV semester II


Skenario atau desain pembelajaran akan sangat membantu seorang guru dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini untuk Merancang desain  pembelajaran kita menggunakan beberapa strategi seperti strategi pembelajaran ekspositori,  inquiri, cooperatif learning dan CTL. Dengan menggunakan beberapa strategi tersebut diharapkan kita bisa  menerapkan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing strategi pembelajaran tersebut. Berikut adalah salah satu contoh desain pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2. Semoga Bermanfaat untuk anda semua.

DESAIN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas                           :  IV (Empat)
Semester                      :  II (Dua)
Alokasi Waktu            :  1 x 35 menit (1x pertemuan)

A.  Standar Kompetensi                  
1.      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi  secara tertulis dalam bentuk pantun anak.
B.  Kompetensi Dasar          
1.1.Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat.
1.2.Membuat pantun anak yang menarik sesuai dengan ciri-ciri pantun.
1.3.Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal yang tepat sesuai degan ciri-ciri pantun.


C.  Tujuan Pembelajaran
            1. Melalui metode ekspositori siswa dapat menyebutkan pengertian dan ciri-ciri pantun.
            2. Melalui metode eksositori siswa dapat membuat pantun sesuai dengan ciri-ciri pantun.
            3. Melalui metode cooperatif learning siswa dapat membaca pantun secara berbalas.
D.  Materi Ajar
  1. Pengertian pantun , ciri-ciri pantun serta contoh dari pantun

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
a. Ekspositori = Persiapan(menjelaskan tujuan,membangkitkan semangat peserta didik),Penyajian(menyampaikan materi),Korelasi(menghubungkan materi),Menyimpulkan(materi inti),Mengaplikasikan(tanya jawab materi).
b. Cooperative Learning =  Peserta berkelompok, ada aturan kelompok, ada upaya belajar tiap kelompok, tujuan yang harus dicapai.
2.  Metode Pembelajaran
  1. Bermain peran
  2. Diskusi
  3. Tanya jawab
  4. Ceramah
  5. Tugas


D.        Langkah-langkah Kegiatan
1.         Kegiatan Awal
    1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
    2. Memberikan motivasi dan menjelaskan urut-urutan proses pembelajaran.
    3. Pembentukan kelompok diskusi, tiap kelompok ada empat orang untuk membuat contoh pantun yang sesuai dengan ciri-ciri pantun.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1)      Guru menjelaskan pengertian pantun,ciri-ciri pantun dan contoh pantun. Kemudian siswa menyimaknya.
b. Elaborasi
1)      Guru memberikan contoh pantun dan siswa menebaknya dengan berbalas pantun.
2)      Guru menyiapkan kelas diskusi.
3)      Siswa berdiskusi tentang  membuat pantun yang sesuai dengan ciri-ciri pantun.
4)      Secara bergiliran siswa menceritakan hasil diskusi.
C. Konfirmasi
1.      Bersama siswa, Guru merefleksi hasil diskusi.
2.      Guru memberikan penguatan  dengan cara memberikan pujian kepada kelompok yang  memperoleh nilai terbaik.



3. Kegiatan Penutup
1.      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator,Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
2.      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
3.      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar