Perjalanan Hidup

Perjalanan Hidup
rame - rame

Sabtu, 10 Desember 2011

Konsep Dasar IPS 2


A.    Hubungan Sosiologi, Geografi dan Sejarah dari  Segi Konsep Dasar IPS Terpadu

IPS bukan ilmu sosial dan pembelajaran IPS yang dilaksanakan baik pada pendidikan dasar maupun pada pendidikan tinggi,tidak menekankan pada aspek teoritis keilmuannya, tetapi aspek praktis dalam mempelajari, menelaah, mengkaji gejala, dan masalah sosial masyarakat, yang bobot dan keluasannya disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing-masing. Kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat dilakukan dalam lingkungan yang terbatas yaitu lingkungan sekitar sekolah atau siswa atau dalam lingkungan yang luas  yaitu lingkungan negara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau.

Hubungan antara Sosiologi,Sejarah,Geografi ini di lihat dari segi konsep dasar IPS terpadu sangat lah berhubungan dan saling mendukung. Ketiganya merupakan  Ini disebabkan karena ketiga mata pelajaran tersebut mempunyai kajian yang sama atau objek yang sama  yaitu manusia . Pada Sosiologi objek yang di bahas adalah manusia atau tingkah laku manusia. Pada Geografi objek yag di bahas adalah pendekata ekologinya yaitu hubungan manusia dengan lingkungan alam sekitar dengan melalui pendekatan keruangan,pendekatan regional atau kewilayahan. Sedangkan pada objek Sejarah yang di bahas antara lain mengenai peradaban,perbedaan budaya,interaksi manusia dengan lingkungan alam,konflik dan kerja sama serta perbandingan sejarah dan perkembangannya.
Pendidikan IPS penting diberikan kepada siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, karena siswa sebagai anggota masyarakat perlu mengenal masyarakat dan lingkungannya. Untuk mengenal masyarakat siswa dapat beljar melalui media cetak, media elektronika, maupun secara langsung melalui pengalaman hidupnya ditengah-tengah masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar