STRATEGI PEMBELAJARAN PAKEM
Keberhasilan sebuah proses belajar mengajar seharusnya di indikasikan melalui pematangan intelektual,kedewasaan emosional,kecakapan hidup dan tentunya keagungan moral. Sebuah hasil yang tentunya menjadi harapan setiap orang tua dan guru terhadap anak atau peserta didiknya. Dalam hal ini strategi PAKEM tentunya di jadikan acuan oleh setiap guru dalam menghadapi suatu proses pembelajaran. Strategi PAKEM merupakan pembelajaran yang Aktif,Kreatif,Efektif,dan Menyenangkan. Strategi ini berorientasi untuk menggali potensi terbesar siswa dengan metodologi pembelajaran yang mengedepankan keaktifan siswa,mendorong kreativitas,efektif dalam pencapaian kualitas dan target serta menyenangkan proses dan anak didik bisa memahami materi dengan nyaman,senang,ceria tanpa adanya beban belajar.
Ciri-ciri model pembelajaran PAKEM yaitu :
1. Multi metode dan multi media
2. Praktik dan bekerja dalam satu tim
3. Memanfaatkan lingkungan sekitar
4. Di lakukan di dalam kelas maupun di luar kelas
5. Multi aspek(loika,praktik,dan etika)
Silberman menggambarkan bahwa saat belajar aktif para siswa melakukan banyak kegiatan.Mereka menggunakan ide-ide,memecahkan masalah dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif adalah belajar dengan cepat,menyenangkan,penuh semangat dan terlibat secara pribadi untuk mempelajarisesuatu dengan baik.
Pada tahun 2004, Mayer menyatakan bahwa siswa yang aktif tidak hanya hadir di dalam kelas,menghafalkan,dan akhirnya mengerjakan soal-soal di akhir pelajaran. Siswa aktif itu harus terlibat aktif,baik secara fisik maupun mental.Siswa semestinya juga aktif dalam melakukan praktik dalam proses pembelajaran.
Gambaran tentang peran Guru dan siswa dalam pembelajaran PAKEM meliputi:
1. Pembelajaran Aktif
a. Guru aktif :
· memantau kegiatan belajar siswa
· memberi umpan balik
· mempertanykan gagasan siswa
· mengajukan pertanyaan yang menantang
b. Siswa aktif :
· membangun konsep bertanya
· bertanya
· bekerja,terlibat dan berpartisipasi
· mengemukakan ide atau gagasan
2. Pembelajaran Kreatif
a. Guru kreatif :
· Mengembangkan kegiatan yang menarik dan beragam
· Membuat alat bantu belajar
· Mengelola kelas dan sumber belajar
· Merencanakan proses dan hasil belajar
b. Siswa kreatif :
· Membuat atau merancang suatu alat peraga
· Menulis atau mengarang
3. Pembelajaran Efektif
· Guru mencapai tujuan pembelajaran
· Siswa mencapai kompetensi yang di harapkan
4. Pembelajaran Menyenangkan
a. Siswa senang karena :
· Kegiatannya menarik,menantang,dan meningkatkan motivasi
· Mendapat pengalaman secara langsung
· Kemampun berfikir kritis dalam memecahkan masalah semakin meningkat
· Tidak membuat siswa takut
· Tidak memberikan beban kepada siswa
b. Guru senang karena mampu mengkondisikan anak agar mampu :
· Berani mencoba atau berani berbuat
· Berani bertanya
· Berani memberikan gagasan/ide/pendapat
· Berani mempertanyakan gagasan orang lain