Perjalanan Hidup

Perjalanan Hidup
rame - rame

Kamis, 12 Januari 2012


Make U’re Life More Beautiful

Banyaknya masalah dalam hidup kita jangalah di jadikan  alaan membuat segalanya menjadi terpuruk. Hidup memang tak mudah tapi jangan sesekali kamu persulit hidup ini.
Lihat hidup dan segalanya dari 2(dua)sisi,jangan biarkan masalah bertumpuk-tumpuk menggenangi kepalamu. Hidup ini sangat menyenangkan dan hanya orang-orang yang menyenangkanlah yang dapat melihat dunia melalui kacamata bening.
Nah,agar hidup kalian lebih indah lagi,Ada beberapa cara yang bisa membuat U’re life more beautiful antara lain :
1.           Jangan berharap bahwa diri kita sempurna.Mengharap kesempurnaan justru akan membuat kita Frustasi.
2.          Milikilah rasa ingin tahu yang besar. Dengan begitu kamu akan tertantang untuk melakukan hal-hal baru yang menyenangkan.
3.          Apapun masalahmu,jadilah dirimu sendiri. Cobalah mengatasi masalah sesuai dengan kepribadianmu.
4.          Jadilah sahabat yang bisa mendengar dan memberi, jangan hanya menjadi sahabat hanya di saat butuh saja.
Ingattt....Hidup adalah pilihan. Kamu bisa membuatnya menjadi buruk atau indah. Kita yang akan menentukan apakah hidup kita istimewa dan berupa kegembiraan atau malah hukuma berupa kesengsaraan n’kekecewaan. Semoga dari cara-cara tersebut dapat membangun pandangan hidup kalian dan smoga hidup kita bisa istimewa,.....

Senin, 09 Januari 2012


Mendewasakan diri

Untuk menjadi orang dewasa itu mudah,tetapi untuk berfikir dewasa sangatlah sulit. Ada beberapa cara untuk berfikir dewasa,yaitu :


1. Mulailah belajar untuk menahan emosi. Emosi paling susah untuk di kendalikan. Akupun masih belajar untuk dapat mengendalikannya.

2. Sebelum ngelakuin sesuatu dipikir dulu su
paya tidak menyesal kedepannya
3. Jangan mudah tersinggung dan ngambek.

4. Belajar untuk
selalu positif Thingking

5. Tidak asal menuduh atas dasar suatu hal, cari bukti yg pasti. Kal
au perlu langsung tanya pada orang yang bersangkutan.

6. Belajarlah dari kesalahan, dan usahakan jangan sampai
jatuh pada lubang yag sama

7. Berilah kesempatan seseorang untuk memberikan alasan dari suatu masalah
8. Maafkan lah orang yg sudah minta maaf kepadamu walaupun itu sulit, tapi setidaknya kamu telah mencoba untuk memaafkannya. Dan yang aku tahu, jika ada seseorang yang minta maaf kepadamu dan kamu tidak mau memaafkannya malah mungkin kamu yg berdosa.

9. Hindarilah terjadinya pertengkaran pada siapapun. dan berinisiatiflah untk mengalah darinya.

10. Belajar untuk lebih bersabar dalam melakukan berbagai hal

11. Mulailah berfikir untuk masa depan kamu nanti.

12. Cobalah untuk menjadi orang yg benar-benar begitu luar dan dalam, apabila teman senang, kamu juga senang dan apabila temen sedih kamu juga merasakan sedih, jangan munafik. Walaupun ada dari kamu yg masih merasa iri apabila teman kamu dapatkan lebih dibandingmu tapi tetaplah berusaha untuk menjadi orang yg jujur dengan apa yang tampak di luarnya

Semua orang pastinya ingin nglakuin apa yang telah teruraikan tadi,Dan pastinya kita semua butuh waktu buat belajar menjadi orang yg dewasa baik pikiran ataupun umur. “sebuah teori hanya sebuah slogan saja dan mudah di ucapkan tetapi  lebih sulit dalam prakteknya”
tapi dengan berusaha sungguh-sungguh untuk merubah semua itu kita pasti akan menjadi orang dewasa baik fisik ataupun jiwa.


Senyum adalah jarak terdekat antara dua manusiaa...



PRINSIP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Dalam membantu perkembangan kognitif anak usia dini seharusnya dilakukan dengan memegang beberapa prinsip agar dalam pelaksanaannya tidak justru menghambat perkembangannya. Berikut ini beberapa prinsip yang dapat digunakan untuk dijadikan pegangan dalam mendukung perkembangan kognitif siswa:
1.      Memberikan banyak kesempatan.
Sebaiknya anak diberi banyak kesempatan untuk melakukan sesuatu yang ia. Contoh: jika anak ingin menhitung uang ibunya sebaiknya jangan dilarang tetapi didampingi.
2.      Membantu anak memahami informasi yang diterima
Pada masa perkembangan kognitifnya rasa ingin tahu anak biasanya cukup besar. Oleh karena itu guru/orang tua harus menjelaskan apa yang ditanyakan anak dengan benar dan proposional. Contoh: Ketika anak bertanya tentang kenapa pesawat bisa terbang, guru/orang tua menjelaskannya sesuai dengan tingkat pemahaman anak.
3.      Katakan pada anak apa yang terjadi
Biasanya apabila ada kejadian sesuatu anak ingin bertanya. Atau bahkan jika ada perubahan perilaku pada ibunya anak juga suka bertanya. Dalam hal ini anak harus mendapat penjelasan bukan menutup-nutupi. Contoh: saat ibunya mengalami perubahan perilaku seperti murung karena sedang sedih anak biasanya bertanya mengapa. Meskipun belum saatnya anak memahami persoalan orang dewasa tetapi anak perlu diberi tahu dengan bahasa yang mudah dipahami. Jangan sampai ada ketidakterbukaan antara anak dan ibu. Karena hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak percaya.
4.      Berikan contoh yang baik
Untuk mendukung perkembangan anak, terutama dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan orang dewasa harus memberikan teladan sehingga anak dapat menerima dengan baik tanpa ada keraguan. Contoh; ketika guru/orang tua mengajarkan kepada anak untuk selalu mengucap bismillah saat memulai pekerjaan, maka guru/orang tua harus sudah memiliki kebiasaan untuk mengucapkan bismilah saat memulai pekerjaan.
5.      Bantulah anak untuk mengingat sesuatu
Biasanya anak sulit mengingat sesuatu, padahal sesuatu itu sangat bermanfaat bagi perkembangannya dan bagi masa depan anak. Oleh karena itu guru seharunya berkreasi untuk membuat sesuatu itu mudah diingat oleh anak. Contoh: untuk menghafal nama bagian-bagian tubuh, guru mengajarkannya dalam bentuk nyanyian (dua mata saya, hidung saya satu…dst). Atau dalam mengajarkan adab dalam beraktivitas (sebelum makan baca bismillah, sesudah makaan alhamdulillah…dst).
6.      Memberikan Motivasi
Anak terkadang kehilangan motivasi setelah gagal melakukan sesuatu. Guru seharusnya memberikan motivasi agar siswa tidak merasa kecil hati.  Contoh: guru memberikan perhatian labih dan anak diberi pengertian bahwa kegagalannya merupakan awal dari keberhasilan. 
7.      Memberikan Permainan
Dunia anak adalah dunia bermain. Permainan adalah satu-satunya aktivitas dalam hidupnya. Oleh karena itu dalam mendukung perkembangan kognitif  anak guru harus menggunakan pendekatan permainan. Contoh: anak diberi permainan puzzle.
8.      Biarkan anak bereksplorasi
Anak kadang suka bereksplorasi melakukan hal-hal yang aneh dan keinginannya kadang tidak sesuai nalar orang dewasa. Meskipun demikian sebaiknya anak tidak boleh dilarang namun tetap pengawasan. Contoh: anak suka memencet semua tombol di televisi atau bahkan memukul-mukulnya. Hal ini ia lakukan untuk mencari tahu respon televisi atas tindakannya itu. Orang dewasa harus melakukan pendampingan dan memberikan penjelasan sesuai dengan daya tangkap siswa dan sesuai dengan bahasa yang dapat dipahami oleh anak.



Jumat, 06 Januari 2012


STRATEGI PEMBELAJARAN PAKEM

Keberhasilan sebuah proses belajar mengajar seharusnya di indikasikan melalui pematangan intelektual,kedewasaan emosional,kecakapan hidup dan tentunya keagungan moral. Sebuah hasil yang tentunya menjadi harapan setiap orang tua dan guru terhadap anak atau peserta didiknya. Dalam hal ini strategi PAKEM tentunya di jadikan acuan oleh setiap guru dalam menghadapi suatu proses pembelajaran. Strategi PAKEM merupakan pembelajaran yang Aktif,Kreatif,Efektif,dan Menyenangkan. Strategi ini berorientasi untuk menggali potensi terbesar siswa dengan metodologi pembelajaran yang mengedepankan keaktifan siswa,mendorong kreativitas,efektif dalam pencapaian kualitas dan target serta menyenangkan proses dan anak didik bisa memahami materi dengan nyaman,senang,ceria tanpa adanya beban belajar.
Ciri-ciri model pembelajaran PAKEM yaitu :
1.      Multi metode dan multi media
2.      Praktik dan bekerja dalam satu tim
3.      Memanfaatkan lingkungan sekitar
4.      Di lakukan di dalam kelas maupun di luar kelas
5.      Multi aspek(loika,praktik,dan etika)
Silberman menggambarkan bahwa saat belajar aktif para siswa melakukan banyak kegiatan.Mereka menggunakan ide-ide,memecahkan masalah dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif adalah belajar dengan cepat,menyenangkan,penuh semangat dan terlibat secara pribadi untuk mempelajarisesuatu dengan baik.
Pada tahun 2004, Mayer menyatakan bahwa siswa yang aktif tidak hanya hadir di dalam kelas,menghafalkan,dan akhirnya mengerjakan soal-soal di akhir pelajaran. Siswa aktif itu harus terlibat aktif,baik secara fisik maupun mental.Siswa semestinya juga aktif dalam melakukan praktik dalam proses pembelajaran.
Gambaran tentang peran Guru dan siswa dalam pembelajaran PAKEM meliputi:
1.      Pembelajaran Aktif
a.       Guru aktif :
·         memantau kegiatan belajar siswa
·         memberi umpan balik
·         mempertanykan gagasan siswa
·         mengajukan pertanyaan yang menantang
b.      Siswa aktif :
·         membangun konsep bertanya
·         bertanya
·         bekerja,terlibat dan berpartisipasi
·         mengemukakan ide atau gagasan
2.      Pembelajaran Kreatif
a.       Guru kreatif :
·         Mengembangkan kegiatan yang menarik dan beragam
·         Membuat alat bantu belajar
·         Mengelola kelas dan sumber belajar
·         Merencanakan proses dan hasil belajar
b.      Siswa kreatif :
·         Membuat atau merancang suatu alat peraga
·         Menulis atau mengarang
3.      Pembelajaran Efektif
·         Guru mencapai tujuan pembelajaran
·         Siswa mencapai kompetensi yang di harapkan
4.      Pembelajaran Menyenangkan
a.       Siswa senang karena :
·         Kegiatannya menarik,menantang,dan meningkatkan motivasi
·         Mendapat pengalaman secara langsung
·         Kemampun berfikir kritis dalam memecahkan masalah semakin meningkat
·         Tidak membuat siswa takut
·         Tidak memberikan beban kepada siswa
b.      Guru senang karena mampu mengkondisikan anak agar mampu :
·         Berani mencoba atau berani berbuat
·         Berani bertanya
·         Berani memberikan gagasan/ide/pendapat
·         Berani mempertanyakan gagasan orang lain